Cepat dan Efektif Belajar membaca “Metode Silabel”

Kita tahu mengajarkan membaca kepada anak tidaklah mudah. Perlu kerja keras dan kemauan yang tinggi. Belum lagi jika anaknya agak sulit dirahkan untuk belajar karena dunia anak-anak adalah dunia bermain.
Oleh sebab itu, maka orang tua atau guru harus sepintar mungkin memutar otak bagaimana agar anak mau belajar membaca dan mencari metode yang menyenangkan untuk anak.
Nah, salah satu metode belajar membaca yang bisa digunakan adalah metode Silabel atau belajar membaca berdasarkan suku kata.

Ada beberapa langkah dalam metode silabel ini:
1. Pengenalan huruf dan penguasaan vocal
Langkah pertama perkenalkan huruf-huruf alfabet secara sepintas dari A-Z.
Kemudian ajarkan anak menguasai huruf-hruf vokal a, i, u, e, o. lakukan dari berurutan lalu diacak. Anak harus sampai benar-benar hafal.

2. Latihan membaca suku kata dari huruf p, b, t, d, m, n.
Menguasai konsonan p, b, t, d, m, n saja dan sekaligus 5 mcam suku kata terbuka sesuai voal sesudahnya
Contoh :
Suku kata : pa pi p pe po
pa pi bi bi
Kata : a pi api
Kalimat : mama dedi


3. Latihan membaca suku kata dari huruf r, l, c, j, k, g.
Menguasai konsonan r, l, c, j, k, g saja dan sekaligus 5 macam suku kata terbuka sesuai voal sesudahnya
Contoh :
Suku kata : ra ri ru re ro
ka ki kaki
Kata : ku ku kuku
Kalimat : kuku kaki


4. Latihan Membaca kalimat dan wacana singkat
Contoh : Itu roti
Cica cucu papa


5. Latihan membaca suku kata dari huruf ng, ny, s, sy, z, f, v, y, w.
Contoh :
Suku kata : nga ngi ng nge ngo
Nya nyi nya wa
Kata : si nga singa
Kalimat : banyak singa


6. Latihan Membaca kata, kalimat, dan wacana.

Diluar langkah-langkah diatas,

hal paling penting keberhasilan metode ini adalah pembiasaan kepada anak dan seringnya latihan. Selain itu jangan paksa anak belajar jika moodnya sedang kurang baik…

Selamat mencoba… ^_^

12 responses to “Cepat dan Efektif Belajar membaca “Metode Silabel”

  1. wuih…

    hasil pengalaman ya bu….

    bagus2 tuh, bisa diaplikasikan

    semangat bu!!!!

  2. BAGUS TULISAN INI YG SDNG AYA CR MKSH Y

  3. Saya memang sedang mencari metode belajar membaca yang efektif untuk anak playgrup. semoga ilmu ini berguna.
    Tapi saya butuh tahu apa sebelumnya teknik ini sudah diterapkan, dan bagaimana hasilnya?

    InsyaAlloh sudah diterapkan dan cukup berhasil, tapi yang penting adalah kemauan anaknya untuk belajar dan jangan dipaksakan.

  4. wah bagus itu metode pembelajarannya.kebetulan anak saya sekarang kelas 1 sd tp tdk menguasai cara membaca.

    semoga bermanfaat….. ;)

  5. waah boleh juga ney metodenya, kebetulan saya guru SD (ngjar kls 1) masih banyak yang blm bisa baca. Oke akan saya coba hasilnya kita liat nanti.. semoga berhasil ya (Amien…)

    i hope so…… ;)

  6. ibu saya sangat tertarik sekali dengan tulisannya. Apakah itu hasil pengalaman atau berdasarkan buku ? kebetulan saya sedang melakukan penelitian tentang membaca. Saya sangat menunggu jawabannya. terima kasih

    awalnya saya membaca dari buku kemudian menerapkannya…
    Tingkat keberhasilannya kalo menurut saya tergantung motivasi belajar..
    tapi pada umumnya cukup berhasil…

  7. Thank,s atas sarannya dan tipsnya

    btw..banner blognya mirip aku punya hehehe.maklum baru belajar..coba tengok sini ya:
    usahadandoa.wordpress.com

  8. yes, saya akan coba. thangks

  9. muhamadhasanlutfi

    lbh seru lag klo latihannya d tmpt trbuka, sepi orang, tenang.. A………….!!! I…………..!!! R………..!! S………..!!

  10. tapi gimana ya cari mood anak yang bagus, soalnya anak saya susah banget kalo diajak duduk walau sebentar aza untuk belajar, huruf dah hapal tapi merangkai suku kata belum bisa

  11. murid- murid saya termasuk yang susah kosentrasi jadi metode sampeyan saya jadikan saran untuk para prtu di rumah aja

  12. thx ya…. :)

Berikan Balasan

